5 mother sauce

Bechamel sauce (White sauce )

Bechamel

Dengan berbahan dasar susu, lada, dan garam bechamel bisa kalian nikmati dengan pasta atau untuk saus dari makanan yang kalian buat. Tapi, kalian jangan lupa menggunakan Roux (merupakan pengental saus yang berbahan dasar butter dan tepung terigu) untuk mengentalkan bechamel sesuai selera kalian.

Demi glace ( Brown sauce )

Demi-Glace



Berbahan dasar brown stock (kaldu coklat) dan kalian bisa memasukkan mirpoix (yang biasanya terdiri dari bawang bombay, wortel, dan seledri. Perbandingan untuk setiap mirpoix 2:1:1). Prosesnya cukup memakan waktu lama untuk membuat warna demiglace ini menjadi cantik. Jangan lupa, untuk mengentalkan demi-glace kalian tetap menggunakan Roux ya.
Tomato sauce
Tomato Sauce
Mungkin kalian tahu saus ini berbahan dasar tomat segar yang dipadukan dengan bawang putih. Kali ini kalian tidak perlu menggunakan roux untuk mengentalkan. Kalau kalian suka aroma dari basil, kalian bisa menambahkannya.
Hollandaise sauce
Hollandaise
Butter dan kuning telur kali ini menjadi kunci dari saus yang paling sering digunakan untuk hidangan ikan. Jangan lupa dikocok menggunakan baloon whisk secara perlahan supaya jadi hasilnya cantik. Jangan lupa lada dan garam ya.
Mayonaise
Mayonaise
Sama halnya seperti Hollandaise, Mayonaise juga berbahan dasar kuning telur. Tapi bedanya menggunakan minyak sayur, lada, garam dan perasan jeruk lemon untuk memperkaya cita rasa.

Komentar

Postingan Populer